BCA Mobile Tidak Bisa Transfer Virtual Account – Sebagai nasabah Bank BCA, mungkin banyak dari kalian yang sudah mengaktifkan fasilitas BCA Mobile atau mBanking BCA. Melalui fasilitas tersebut, nantinya segala transaksi perbankan bisa dilakukan secara lebih mudah.
BCA Mobile sendiri mendukung beragam fitur transaksi, salah satunya adalah transfer Virtual Account. Transfer transfer Virtual Account (VA) biasanya dilakukan untuk melakukan pembayaran tagihan hingga pembayaran belanjaan dari eCommerce Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya.
Nah, bicara soal transaksi transfer VA di BCA Mobile, perlu diketahui bahwa beberapa pengguna mBanking mengaku tidak bisa melakukan transaksi tersebut. Kenapa bisa terjadi demikian?
Untuk kalian yang barangkali sedang mengalami masalah tidak bisa transfer VA di BCA Mobile, berikut ini telah kami siapkan penjelasan lengkap seputar penyebab hingga solusi BCA Mobile tidak bisa transfer Virtual Account.
BCA Mobile Tidak Bisa Transfer Virtual Account
Seperti kami sebutkan diatas bahwa BCA Mobile merupakan fasilitas yang disediakan oleh Bank BCA untuk memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Tapi jika ingin memiliki fasilitas ini, setiap nasabah wajib melakukan registrasi mBanking BCA terlebih dahulu, baik lewat Online maupun Offline.
Jika sudah berhasil, nantinya masih ada proses aktivasi sebelum fasilitas tersebut bisa digunakan. Namun ada beberapa kasus fasilitas BCA Mobile tidak bisa dipakai untuk melakukan transaksi transfer Virtual Account.
Masalah seperti biasanya dialami oleh para pengguna baru BCA Mobile. Jadi, ketika ingin transfer VA lewat BCA Mobile, di layar muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa “Transaksi date harus kurang dari atau sama dengan open date”. Tolong bantuannya.”
Dengan begitu, transaksi tersebut tidak bisa diproses. Selain terjadi pada pengguna baru, beberapa pengguna BCA Mobile yang sudah cukup lama juga ada yang mengalami masalah transfer VA di BCA Mobile gagal terus.
Penyebab Transfer VA Gagal Lewat BCA Mobile
Pertanyaan nya, kenapa masalah seperti itu bisa terjadi pada pengguna BCA Mobile? Tenang, informasi terkait penyebab atau alasan kenapa BCA Mobile tidak bisa transfer Virtual Account bisa kalian simak selengkapnya dibawah ini :
1. Nomor Virtual Account Salah
Penyebab pertama mungkin berasal dari nomor Virtual Account yang dimasukkan sebagai tujuan transfer salah. Penting diketahui ketika salah satu nomor VA yang dimasukkan tidak sesuai, maka transaksi tersebut tidak mungkin bisa diproses.
2. Rekening BCA Belum Aktif
Penyebab lainnya juga bisa berasal dari rekening BCA yang memang belum aktif. Hal ini berlaku untuk para nasabah baru BCA yang melakukan registrasi rekening via Online melalui aplikasi BCA Mobile.
Jadi, proses aktivasi rekening biasanya memakan waktu lebih dari 1 x 24 jam. Sebelum mencapai waktu tersebut atau belum ada pemberitahuan rekening sudah aktif, maka BCA Mobile belum bisa dipakai untuk transaksi apapun, termasuk transfer VA.
3. Sistem BCA Mobile Sedang Gangguan
Terakhir, ketika sistem dari BCA Mobile mengalami gangguan juga bisa mempengaruhi kendala beberapa transaksi di BCA Mobile, seperti tidak bisa verifikasi, tidak bisa Top Up eWallet hingga tidak bisa transfer VA. Gangguan sistem bisa terjadi kapan saja dan biasanya ada pemberitahuan terlebih dahulu terkait proses perbaikan sistem dari fasilitas tersebut.
Solusi Transfer BCA Virtual Account Tidak Bisa Diproses
Setelah menyimak beberapa penyebab dari masalah diatas, sekarang kita lanjut ke solusi atau bagaimana cara mengatasi gagal transfer VA lewat BCA Mobile. Jadi, bagi kalian para pengguna BCA Mobile bisa menggunakan beberapa solusi dibawah ini ketika mendapati kendala gagal transfer Virtual Account :
1. Periksa Nomor Virtual Account
Solusi pertama adalah memasukkan ulang nomor VA yang digunakan sebagai kode transfer atau nomor rekening tujuan. Pastikan sebelum memasukkan ulang, kalian sudah memeriksa nomor VA tersebut terlebih dahulu. Intinya, jika nomor VA yang dimasukkan sudah sesuai, nantinya akan muncul data penerima, baik itu nama eCommerce, layanan dan lain sebagainya.
2. Tunggu Hingga Rekening Aktif
Solusi kedua kalian hanya cukup menunggu sampai rekening BCA benar-benar aktif. Cara ini berlaku untuk pengguna BCA Mobile yang mengalami masalah diatas karena rekening belum aktif. Nantinya setelah rekening aktif, kalian bisa melakukan transaksi apa saja yang tersedia di BCA Mobile, baik itu transaksi non finansial maupun transaksi finansial seperti kirim uang, bayar tagihan dan transfer Virtual Account.
3. Hubungi Call Center BCA
Jika semua cara diatas kunjung berhasil mengatasi gagal transfer VA di mBanking BCA, maka solusi terakhir nya adalah menghubungi Call Center BCA. Dengan cara ini kalian bisa berbicara langsung dengan petugas Customer Service BCA via panggilan.
Setelah itu kalian tinggal menyampaikan terkait BCA Mobile Error untuk melakukan transaksi transfer Virtual Account. Nantinya dari petugas bakal membantu proses untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya petugas juga bakal menanyakan beberapa informasi rekening, mulai dari Nama Pemilik, Nomor Rekening dan lain sebagainya.
Akhir Kata
Itulah penjelasan dari bankiir.id tentang penyebab BCA Mobile tidak bisa transfer VA. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut untuk para pengguna BCA Mobile. Semoga dengan adanya pembahasan diatas, kalian para nasabah BCA yang sering transaksi via BCA Mobile, khususnya transfer VA bisa terbantu jika ada kendala ketika melakukan transaksi tersebut.