BNI Mobile Tidak Bisa Transfer – BNI Mobile atau mBanking BNI merupakan fasilitas yang diberikan pada para nasabah BNI guna memudahkan transaksi. Ada banyak fitur transaksi yang tersedia, salah satunya adalah transfer ke sesama maupun Bank lain.
Dengan adanya layanan BNI Mobile, sekarang proses kirim uang bisa dilakukan lebih mudah dan praktis tanpa harus antri di gerai ATM maupun Teller Bank. Tapi apa jadinya ketika BNI Mobile tidak bisa dipakai untuk transfer?
Ya, nyatanya ada beberapa nasabah BNI yang mengalami kendala berupa transfer di BNI Mobile tidak bisa diproses. Jika terjadi demikian, apakah artinya pengguna mau tidak mau harus transfer lewat ATM BNI atau melalui Teller di Bank BNI?
Tentu saja tidak, masalah seperti itu masih bisa ditangani dengan beberapa cara tergantung penyebab nya. Nah, berikut ini kami telah menyiapkan penjelasan lengkap tentang penyebab hingga cara mengatasi BNI Mobile tidak bisa transfer.
BNI Mobile Tidak Bisa Transfer
Seperti kami sebutkan diatas bahwa untuk memudahkan para nasabah, Bank BNI menyediakan fasilitas berupa BNI Mobile. Layanan ini bisa digunakan oleh semua nasabah dengan cara melakukan aktivasi BNI Mobile di Kantor Bank BNI.
Jika BNI Mobile sudah aktif, nantinya nasabah bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk transfer uang ke sesama BNI maupun ke rekening Bank lain. Bicara mengenai transaksi kirim uang melalui BNI Mobile, perlu diketahui bahwa ada beberapa pengguna BNI Mobile yang tidak bisa melakukan transaksi tersebut.
Jadi, ketika melakukan transfer lewat mBanking BNI muncul pemberitahuan khusus yang menyatakan jika transaksi tidak bisa diproses. Kejadian seperti ini sebenarnya bukan hal baru dalam penggunaan BNI Mobile, tapi tetap saja bagi para pengguna baru mungkin akan panik, terlebih jika transfer harus dilakukan saat itu juga.
Penyebab BNI Mobile Gagal Transfer
Bagi para pengguna BNI Mobile sebenarnya tidak perlu panik ketika menjumpai kendal seperti itu. Sebelum kami jelaskan bagaimana cara mengatasinya, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan beberapa faktor yang menjadi alasan transfer via mBanking BNI tidak bisa diproses, antara lain :
1. Nomor Rekening Tujuan Salah
Penyebab pertama adalah nomor rekening tujuan yang dimasukkan tidak sesuai. Dengan begitu, transaksi tersebut tidak akan bisa diproses. Sebab, ketika nomor rekening salah satu digit saja, maka sistem tidak bisa membaca data rekening penerima atau rekening tujuan.
2. Rekening Pengguna Pasif / Dormant
Penyebab kedua juga bisa berasal karena rekening BNI kalian dalam status Pasif atau Dormant. Hal ini bisa terjadi apabila dalam waktu lebih dari 6 bulan rekening BNI kalian tidak ada riwayat transaksi apapun. Selain itu, jika masalah disebabkan oleh faktor ini maka di layar akan muncul pop-up pemberitahuan “MBANK75” Nomor Rekening yang Anda Pilih Tidak Sesuai
3. Saldo Tidak Mencukupi
Ketiga, gagal transfer di BNI Mobile juga bisa disebabkan oleh saldo di dalam rekening tidak mencukupi. Untuk transfer ke sesama BNI memang tidak ada biaya admin, tapi untuk kirim uang ke rekening Bank lain terdapat ketentuan biaya admin. Oleh karena itu, mungkin sisa saldo memenuhi jumlah transfer, tapi jika tidak ada sisa saldo sebagai biaya admin, maka transaksi tidak bisa dilanjutkan.
4. Nominal Transfer Dibawah batas Minimal
Keempat, BNI juga menerapkan ketentuan mengenai minimal transfer baik ke sesama maupun Bank lain. Dengan begitu, jika jumlah transfer kurang dari batas minimal, maka secara otomatis transfer tidak bisa dilakukan.
5. BNI Mobile Sedang Dalam Perbaikan
Terakhir, penyebab paling umum dari masalah BNI Mobile tidak bisa transfer adalah terjadinya gangguan sistem dari BNI Mobile. Jika demikian, biasanya akan muncul pemberitahuan bahwa layanan BNI Mobile sedang dalam perbaikan.
Cara Mengatasi mBanking Tidak Bisa Kirim Uang
Sampai disini kalian sudah tahu apa saja penyebab BNI Mobile tidak bisa transfer. Sekarang mari kita lanjut ke bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Jadi, masalah diatas bisa dengan mudah diatasi menggunakan beberapa cara dibawah ini :
1. Periksa Nomor Rekening Tujuan
Cara pertama adalah memasukkan ulang nomor rekening tujuan. Sebelum lanjut transaksi, periksa terlebih dahulu apakah rekening sudah sesuai atau belum. Jika sudah, silahkan tentukan nominal transfer (wajib diatas batas minimal) lalu ikuti instruksi transfer via BNI Mobile.
2. Tunggu Hingga Perbaikan Selesai
Cara kedua adalah menunggu hingga proses Maintenance BNI Mobile berakhir. Jika perbaikan sudah selesai dan sistem BNI Mobile sudah normal, maka proses transfer melalui BNI Mobile bisa dilakukan seperti biasa tanpa kendala apapun, dengan catatan saldo BNI mencukupi.
3. Lakukan Setor Tunai di Teller Bank BNI
Cara terakhir kami tujukan untuk pengguna BNI Mobile yang mengalami masalah diatas karena rekening Dormant. Jadi, untuk mengatasi status rekening Dormant atau Pasif kalian hanya perlu datang ke Bank BNI lalu ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
- Ambil nomor antrian Teller
- Tunggu hingga tiba giliran
- Setelah itu temui petugas Teller dan lakukan Setor Tunai (minimal Rp. 100.00)
- Jika sudah, secara otomatis status rekening Dormant akan hilang dan layanan BNI Mobile bisa dipakai seperti sedia kala, termasuk untuk transfer ke sesama dan Bank lain
Akhir Kata
Itulah pembahasan dari bankiir.id mengenai penyebab mBanking BNI tidak bisa digunakan untuk kirim uang. Jadi masalah diatas bisa terjadi karena salah nomor rekening tujuan, saldo tidak mencukupi, nominal transfer dibawah batas minimal hingga rekening BNI pengguna dalam status Pasif. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan beberapa solusi agar transaksi transfer di mBanking BNI bisa normal kembali tanpa ada kendala apapun.