DANA Tidak Bisa Login – Transaksi online mungkin menjadi salah satu hal umum yang sudah dilakukan saat ini, apalagi setelah adanya pandemi COVID 19. Banyak urusan transaksi dilakukan online dengan memanfaatkan perangkat elektronik termasuk smartphone.
Salah satu transaksi yang dimaksud misalnya pembayaran produk belanjaan, QRIS, transfer, maupun kirim uang dan hal lain. Dan aplikasi dompet digital DANA menjadi favorit bagi sebagian orang untuk melakukan transaksi online karena bisa dibilang cukup praktis.
Teruntuk Anda para pengguna dompet digital DANA, tentu saja pernah alami beberapa kendala yang mengakibatkan DANA transaksi tertunda akibat adanya masalah yang datang. Seperti misalnya lupa PIN DANA, tidak bisa login akun DANA atau bahkan akun dibekukan pihak DANA.
Semua permasalahan tersebut merupakan hal umum yang kerap dialami oleh para pengguna aplikasi DANA. Mengenai hal itu, tentunya akan akibatkan transaksi Anda sedikit tertunda sampai kembali normal jika sudah mengetahui apa penyebab dan cara mengatasinya.
DANA Tidak Bisa Login
Nah berbicara mengenai aplikasi DANA tidak bisa login atau diakses masuk pastinya banyak dari Anda ysng bertanya apa penyebab dan cara mengatasinya. Dengan begitu, pada pembahasan kali ini bankiir.id akan sajikan secara lengkap akun DANA tidak bisa login.
Penyebab DANA Tidak Bisa Login
Terkait penyebab tidak bisa login atau akses akun dompet digital satu ini ada beberapa hal maupun faktor yang menjadikan aplikasi tidak bisa login atau membukannya untuk melakukan transaksi. Namun secara umum permasalahan tersebut terjadi karena hal-hal ini.
1. Internet Tidak Stabil
Pertama bisa terjadi gagal login atau masuk dikarenakan aplikasi terhubung dengan koneksi internet buruk. Sehingga saat ingin membuka dan login ke akun DANA membuat gagal sehingga mengakibatkan pengguna telat atau menunda transaksi yang dimaksud.
2. Ada Pemeliharaan Sistem (Maintenance)
Kedua gagal login akun DANA terjadi saat sistem DANA sedang pemeliharaan atau ada maintenance, bisanya diberikan informasi pop up “Sistem sedang sibuk”. Layaknya aplikasi-aplikasi lainnya, DANA juga membutuhkan pemeliharaan maupun pembaharuan agar fitur di dalamnya lebih nyaman dan bagus lagi saat digunakan.
3. Banyak Cache Aplikasi
Ketiga tidak bisanya login ke akun DANA dapat terjadi karena banyak cache aplikasi yang menumpuk. Layaknya aplikasi lain, cache menumpuk dan penuh juga dapat akibatkan aplikasi tidak bisa login atau bahkan dibuka sama sekali. Tentu itu sangat merugikan bagi para pengguna DANA yang ingin transaksi saat itu juga.
4. Perangkat Pernah di Root
Keempat gagal login pada akun DANA bisa terjadi saat perangkat atau smartphone yang digunakan terdeteksi root. Sebab layanan aplikasi dompet digital dan Mobile Banking akan sangat sensitif saat dipasang diperangkat yang sudah pernah di root. Karena perangkat sudah di root rentan untuk di hack.
5. Akun DANA Dibekukan
Kelima tidak bisa login akun dompet digital satu ini juga terjadi saat akun DANA dibekukan. Tidak hanya bisa transfer, bahkan untuk login atau membuka aplikasi DANA terkadang alami penolakan sehingga urusan transkasi menggunakan DANA sedikit tertunda.
Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Login
Sudah tahu beberapa penyebab di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Untuk mengatasi tidak bisa login sendiri Anda perlu menyesuaikan kenapa akun DANA tidak bisa login. Untuk lebih jelas mengenai cara mengatasinya simak di bawah ini.
1. Periksa Koneksi Internet
Saat gagal login dan terus ditolak akibat koneksi internet yang buruk dan tidak stabil. Mengatasinya adalah dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu atas koneksi yang terhubung ke smartphone yang Anda gunakan untuk membuka aplikasi DANA.
Jika benar koneksi buruk setelah lakukan pengecekan, maka Anda bisa gunakan koneksi internet lain untuk dihubungkan. Ada banyak pilihan seperti contohnya menggunakan paket data, Wi-Fi rumah atau hotspot/tehtering perangkat teman, kerabat maupun keluarga.
2. Tunggu Maintenance Usai
Lalu saat sedang ada pemeliharaan, tidak ada cara lain selain menunggu sampai proses maintenance tersebut selesai. Namun untuk lama menunggu akun DANA kembali pulih, tidak bisa ditentukan waktu yang dibutuhkan.
Namun untuk memastikan maintenance sudah berakhir, silakan untuk cek dan membuka aplikasi DANA secara berkala. Jika berhasil mengakses masuk akun DANA Anda, itu tandanya maintenance sudah berakhir. Umum waktu dibutuhkan untuk maintenance kurang dari 1 x 24 jam.
3. Hapus Cache Aplikasi
Lalu permasalahan tidak bisa login akibat cache menumpuk pada aplikasi, maka solusi tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan penghapusan cache. Untuk Anda yang belum tahu cara hapus cache tersebut, silakan simak caranya di bawah ini.
Android
- Silakan masuk ke menu “Pengaturan”.
- Pilih opsi “Apl / Aplikasi”.
- Lalu pilih “Kelola Aplikasi”.
- Jika sudah cari aplikasi “DANA”.
- Langkah akhir silakan klik “Hapus Data” > “Bersihkan Cache”.
iPhone
- Langkah awal buka menu “Setting” > “General” > “iPhone Storage”.
- Setelah itu pilih aplikasi “DANA” dan aplikasi lain kiranya banyak memakan ruang penyimpanan.
- Kemudian di layar akan muncul pop-up, silakan klik “Offload App” untuk mulai hapus aplikasi.
- Silakan Anda unduh aplikasi DANA kembali.
- Meskipun aplikasi dihapus semua data dan dokumen di aplikasi DANA tetap tersimpan aman dan bisa digunakan kembali.
4. Atur Ulang Perangkat (Unroot)
Saat tidak bisa login akun DANA akibat perangkat terdeteksi sudah pernah di root, jalan satu-satunya adalah segera lakukan unroot atau kembalikan ke setelan awal perangkat. Tujuannya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan atau dihack dan menguras semua saldo didalamnya.
Untuk setiap merek dan tipe HP memiliki cara berbeda unroot yang berbeda satu sama lain, jadi sesuaikan dengan perangkat apa yang Anda gunakan. Jika masih bingung akan cara unroot perangkat yang digunakan, bisa saja meminta bantuan pada ahlinya.
5. Hubungi Call Center DANA
Jika cara mengatasi di atas masih tidak menemui hasil dan Anda tidak bisa login ke aplikasi DANA, Solusi tepat adalah meminta bantuan dengan menghubungi call center DANA, selain itu Anda juga bisa manfaatkan cara ini untuk atasi akun DANA yang dibekukan. Untuk Anda yang bertanya call center DANA, bisa simak di bawah ini.
- Customer Care : 1500 445
- Email : help@dana.id
- WhatsApp : 08191 1500 445
Untuk layanan call center bisa Anda hubungi kapan saja selama selama 24 jam dalam 7 hari jam kerja. Itu dikarenakan layanan call center DANA ingin memberikan pelayanan terbaik pada layanan para penggunanya dan siap menampung permasalahan atau bantuan atas keluh kesah penggunaan aplikasi DANA.
Pastikan saat hubungi call center DANA dengan menggunakan panggilan lewat nomor HP, maka Anda perlu untuk sediakan pulsa cukup karena panggilan akan dikenai biaya pulsa. Minimal sedia pulsa Rp 20.000 sebelum menghubungi.
Akhir Kata
Itu dia pembahasan akun DANA tidak bisa login dapat bankiir.id sajikan beserta informasi penyebab dan cara mengatasinya. Dengan adanya pembahasan gagal login akun DANA di atas semoga bisa bermanfaat. Sehingga Anda yang alami hal serupa tidak khawatir dan bisa menyelesaikan permasalahan sendiri.