Lupa PIN SMS Banking Mandiri – Sebagai nasabah Bank Mandiri tentu kalian sudah tidak asing dengan layanan SMS Banking. Ya, layanan ini merupakan salah satu fitur digital perbankan yang dimiliki Bank Mandiri.
Sama seperti mBanking dan iBanking, pada fasilitas SMS Banking juga terdapat kode akses yang perlu dimasukkan pada beberapa transaksi. Lalu bagaimana jika kalian melupakan kode akses tersebut?
Akibat dari lupa kode akses tentu saja kalian tidak bisa melanjutkan proses transaksi via SMS Banking. Kemudian perlu diketahui juga bahwa setiap transaksi melalui SMS Banking terdapat biaya layanan.
Nah, bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah tersebut, sudah tahu bagaimana cara mengatasinya? Jika belum, kalian perlu menyimak artikel ini sampai akhir.
Lupa PIN SMS Banking Mandiri? Ini Dia Penyebab & Cara Mengatasinya
Jadi, solusi dari masalah ini hanya tersedia via Offline alias datang langsung ke Bank Mandiri di Daerah kalian. Berikut telah kami siapkan informasi lengkap seputar penyebab hingga cara mengatasi masalah lupa kode akses SMS Banking Mandiri dibawah ini.
Penyebab Lupa PIN SMS Banking Mandiri
Masalah lupa PIN tidak hanya terjadi pada kartu ATM Mandiri, tapi juga bisa terjadi pada layanan SMS Banking. Nah, apa saja sih penyebab lupa PIN pada layanan tersebut? inilah jawabannya :
- Menggunakan PIN SMS Banking dengan kombinasi angka yang terlalu mudah untuk diretas. Jadi, tidak menutup kemungkinan ada pihak lain yang membobol dan merubah kode akses SMS Banking Mandiri kalian.
- PIN yang digunakan terlalu rumit.
- Nomor HP yang terdaftar sebagai di layanan SMS Banking hilang atau hangus.
Cara Mengatasi Masalah Lupa Kode Akses SMS Banking
Kemudian untuk mengatasi masalah diatas kalian mau tidak mau harus datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri. Disana kalian akan diminta untuk melakukan aktivasi ulang SMS Banking.
Sebelum kami jelaskan tata caranya, terlebih dahulu kalian perlu menyiapkan berkas persyaratan sebagai berikut :
- KTP.
- Nomor HP.
- Buku rekening Mandiri.
- Kartu ATM.
Jika semua sudah lengkap, silahkan ikuti tata cara dibawah ini untuk aktivasi ulang SMS Banking Mandiri :
- Datang ke Bank Mandiri terdekat.
- Ambil nomor antrian untuk Customer Service.
- Tunggu hingga tiba giliran.
- Setelah itu kalian akan diminta untuk menemui petugas Customer Service.
- Sampaikan bahwa kalian lupa PIN SMS Banking Mandiri dan ingin melakukan aktivasi ulang.
- Kemudian petugas akan meminta berkas persyaratan yang diperlukan untuk proses verifikasi.
- Tunggu beberapa saat lalu akan ada SMS masuk berisi kode akses untuk layanan SMS Banking Mandiri yang baru.
- Catat kode tersebut pada notepad agar tidak lupa lagi.
- Proses aktivasi ulang SMS Banking Mandiri telah selesai dan masalah lupa PIN sudah teratasi.
Manfaat & Keuntungan Memiliki Akses SMS Banking Mandiri
Dengan mengaktikan kembali layanan SMS Banking, kalian bisa menikmati semua fitur yang tersedia di layanan tersebut. Selain itu, layanan SMS Banking juga memberikan manfaat dan keuntungan dalam beberapa hal berikut ini :
- Mendukung berbagai jenis transaksi mulai dari CEK SALDO, CEK MUTASI hingga informasi seputas DEPOSITO MANDIRI.
- Layanan ini tidak membutuhkan koneksi internet dalam penggunaannya.
- Biaya murah setiap transaksi sangat murah, tidak sampai 2.000 rupiah.
- Cara penggunaan yang sangat mudah, tidak perlu mengisi UseriD / kata sandi.
FAQ
Ada kemungkinan kode yang digunakan terlalu rumit jadi kalian tidak mengingatnya. Bahkan bisa juga layanan SMS Banking kalian diretas dan sandinya diubah oleh pelaku.
Kalian perlu melakukan aktivasi ulang di Bank Mandiri terdekat.
Tidak ada biaya admin alias Gratis.
Itu saja pembahasan dari bankiir.id mengenai penyebab lupa PIN hingga cara mengatasi masalah tersebut pada layanan SMS Banking Mandiri. Jadi, satu-satunya solusi dari masalah tersebut adalah melakukan aktivasi ulang. Proses tersebut hanya bisa dilakukan melalui Customer Service Bank Mandiri. Nah, setelah mendapatkan kode askes SMS Banking yang baru, kami sarankan untuk mencatatnya pada notepad atau menyimpan SMS tersebut agar kelak tidak lupa lagi.