Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM Mandiri – Jika Anda sudah berhasil menjadi nasabah bank Mandiri, tentu akan diberikan sebuah layanan fasilitas berupa kartu ATM yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi di mesin ATM. Transaksi bisa dilakukan sendiri seperti misalnya transfer, tarik tunai, pembayaran, setor tunai dan banyak lainnya.
Dalam penggunaan fasilitas mesin ATM Mandiri tersebut, terkadang banyak dari nasabah Mandiri mengalami kendala yang membuat transaksi sedikit tidak berjalan lancar. Seperti misalnya transaksi tidak dapat diproses oleh ATM Mandiri dan menunjukkan notifikasi pada layar mesin ATM yang menandakan Anda harus menunda transaksinya.
Namun dengan demikian, teruntuk para nasabah Mandiri yang baru pertama kali menjumpai masalah berupa transaksi tidak dapat diproses di mesin ATM pastinya akan bertanya kenapa bisa terjadi serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Hal itu perlu diketahui agar nantinya nasabah Mandiri yang melakukan transaksi tidak menjadi cemas dan khawatir.
Dengan begitu, pada pembahasan kali ini bankiir.id akan sajikan informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi transaksi tidak dapat diproses ATM Mandiri. Jadi guna lebih jelas dan paham apa penyebab dan cara mengatasinya, berikut akan disajikan secara lengkap mengenai di bawah ini atas kejadian transaksi tidak dapat diproses tersebut.
Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM Mandiri
Sebelum ke pembahasan penyebab dan cara mengatasi, lebih baik Anda mengetahui apa arti dari “Maaf untuk sementara transaksi Tidak Dapat Diproses” di mana muncul juga pada layar. Keterangan tersebut akan muncul ketika Anda nasabah bank Mandiri memasukkan kartu ATM ke mesin ATM Mandiri.
Untuk arti dari transksi tidak dapat diproses tersebut yaitu kartu ATM sedang tidak bisa digunakan untuk transaksi yang Anda inginkan. Atau bisa juga mesin ATM yang sedang digunakan sedang alami gangguan, kerusakan atau sedang ada maintenance maupun pemeliharaan sistem.
Dengan adanya transaksi gagal diproses tersebut dengan menunjukkan keterangan pada layar, alangkah baiknya nasabah Mandiri harus segera untuk keluarkan atau ambil kartu ATM Mandiri-nya. Sebab jika tidak segera diambil, maka besar kemungkinan kartu ATM Mandiri Anda akan tertelan ke dalam mesin ATM.
Penyebab Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM Mandiri
Setelah mengetahui arti dari transaksi tidak dapat diproses di atas, maka berikutnya Anda tinggal mengetahui kenapa kartu ATM dan mesin ATM Mandiri tidak bisa digunakan untuk transaksi dengan memunculkan keterangan di layar mesin ATM Mandiri. Rupanya ada beberapa penyebab yang menjadikan munculnya keterangan tidak dapat diproses, antara lainnya:
1. Valid Thru Kartu Habis / Kartu Rusak
Pertama, bisa saja kartu ATM Mandiri yang Anda gunakan sudah expired atau masa aktif habis (Valid Thru). Untuk memastikan jika kartu ATM / debet masih aktif atau tidak, silakan cek tulisan Valid Thru dibagian depan kartu ATM. Disitulah tertera informasi bulan dan tahun kartu tetap bisa digunakan.
2. Salah Masukkan PIN
Kedua, bisa saja nasabah Mandiri yang melakukan transaksi salah masukkan PIN ATM sebanyak tiga kali berturut-turut. Sehingga tidak hanya transaksi gagal diproses, nantinya kartu ATM / debet Mandiri Anda juga akan terblokir otomatis. Pihak bank lakukan pemblokiran guna mengantisipasi atau mewaspadai kartu ATM digunakan orang lain.
3. Mesin ATM Mandiri Rusak
Ketiga, bisa saja karena ada masalah pada mesin ATM entah itu dari kerusakan mesin atau mesin dalam kondisi maintenance sistem. Dengan terjadinya kondisi tersebut, maka berbagai jenis transaksi yang bisa dilakukan di mesin ATM Mandiri akan tertunda sampai mesin ATM normal kembali.
Cara Mengatasi Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM Mandiri
Setelah tahu akan faktor penyebab transaksi tidak dapat diproses, berikutnya tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Terkait cara mengatasi sendiri akan menyesuaikan dengan faktor apa penyebab gagal transaksi tersebut.
1. Ganti Kartu ATM Mandiri
Saat penyebabnya karena kartu ATM valid thru habis, belum ganti kartu ATM chip, chip ATM tidak terdeteksi atau alami kerusakan kartu maka silakan ganti kartu di kantor cabang bank Mandiri terdekat. Untuk proses pergantian silakan lengkapi syarat ketentuan seperti:
- Bawa kartu ATM lama yang ingin di ganti dengan kartu baru.
- Bawa buku rekening tabungan Mandiri.
- Bawa KTP atau identitas diri lain seperti SIM dan Paspor.
- Berikan informasi nama ibu kandung.
- Uang guna biaya ganti kartu sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000 tergantung jenis kartu.
Selain itu, Anda yang alami pemblokiran kartu ATM juga perlu datang ke kantor untuk mengurusnya. Syarat ketentuan yang dibutuhkan juga sama yaitu identitas diri beserta informasi kepemilikan rekening seperti syarat-syarat di atas.
2. Gunakan Livin by Mandiri
Lalu bagaimana jika ingin melakukan transaksi dalam waktu itu juga? Solusinya adalah dengan melakukan transaksi di layanan Mobile Banking Mandiri bernama Livin by Mandiri. Hanya saja di Livin by Mandiri Anda bisa lakukan transaksi seperti transfer, top up, cek saldo, pembayaran dan lainnya.
Jika ingin lakukan transaksi seperti tarik tunai atau mengambil uang dan setor tunai langsung, maka nasabah Mandiri tetap harus mengunjungi mesin ATM Mandiri lain. Karena dua layanan transaksi ini tidak bisa dilakukan di Livin by Mandiri.
3. Pindah Mesin ATM Mandiri Lain
Ketika penyebab datang dari mesin ATM Mandiri digunakan untuk lakukan transaksi bermasalah atau sedang dalam gangguan, cara mengatasinya cukup mudah. Di mana nasabah Mandiri bisa melakukan transaksi lain di gerai mesin ATM Mandiri lain atau mesin ATM bersama yang berlokasi dekat lokasi Anda.
Akhir Kata
Tidak hanya terjadi pada ATM Mandiri saja, transaksi tidak dapat diproses juga terjadi di ATM BRI, BNI, BCA dan ATM lainnya. Itulah pembahasan terkait transaksi tidak dapat diproses ATM Mandiri dapat bankiir.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan tidak dapat transaksi di ATM Mandiri di atas bisa bermanfaat, terutama untuk nasabah Mandiri mengalaminya.